CONTOH ICE BREAKING PAGI, SIANG, MALAM
1. Trainer menjelaskan aturan permainan dengan menyebut pagi, siang, malam sambil bercerita
2. Syaratnya ketika dalam sebuah cerita itu ada kata pagi maka peserta wajib tepuk 1 kali. Jika terdapat kata siang, maka wajib tepuk tangan 3 kali, jika terdapat kata malam, maka peserta wajib tepuk 2 kali.
3. Trainer diharuskan sekreatif mungkin dalam menciptakan sebuah cerita yang terdapat kata pagi, siang, dan malam.
4. Peserta yang tidak sesuai instruksi dapat diberi hukuman sesuai dengan kesepakatan.
CONTOH ICE BREAKING MENGINGAT NOMOR
1. Trainer memerintahkan peserta untuk berhitung
2. Peserta diwajibkan menghafal nomor yang telah ia sebutkan
3. Trainer mengecek apakah para peserta sudah menghapal nmornya
4. Trainer dapat menyebutkan angka 3 mkisal, maka peserta yang mempunyai angka 3 harus menjawab “door”dan menyebutkan angka yang lain.
5. Angka yang telah disebutkan tidak boleh diulang lagi
6. Jika para peserta tidak merespon dalam 3 detik, peserta tersebut tidak dapa mengikuti permainan lagi.
7. Jalankan permainan hingga menyisakan satu orang.
CONTOH ICE BREAKING SAMBUNG KATA
1. Peserta membuat sebuah lingkaran
2. Maisng-masing peserta hanya dapat menyebutkan satu kata
3. Trainer menyebutkan satu kata lalu peserta yang ditunjuk trainer harus melanjutkan kata yang disebut. Rangkaian kata itu haruslah masuk akal.
4. Setelah menyebut rangkaian kata, peserta selanjutnya menyambung kata terakhir yang disbeutkan peserta sebelumnya.
5. Contohnya: andi, andi sehat, sehat itu harus, harus mandi, dan seterusnya
6. Jika rangkaian kata yang disebutkan tidak masuk akal, maka peserta harus keluar dari permainan dan diberi hukuman.
CONTOH ICE BREAKING MENCARI JODOH
1. Trainer membuat kalimat yang berhubungan dengan materi. Jika peserta sejumlah 18 orang, maka trainer harus membuat 8 kalimat.
2. Kalimat yang dibuat lalu dipecah menjadi dua bagian, kemudian ditulis di kertas.
3. Contoh: menikmati senja denganmu. Satu kertas berisi menikmati senja, kertas yang lain berisi denganmu.
4. Lalu gulung kertas dan bagikan kepada masing-masing peserta.
5. Instruksikan masing-masing peserta untuk membacakan kertas yang telah mereka dapatkan.
6. Setelah masing-masing peserta selesai membaca, instruksikan agar peserta mencari pasangan yang kalimatnya cocok dengan kertas yang diberikan.
7. Setelah tiap peserta menemukan kesesuaian dalam setiap kalimat, persilahkan para peserta untuk saling berkenalan.
CONTOH ICE BREAKING ADU BESAR, TINGGI DAN PANJANG
1. Trainer menjelaskan pada peserta untuk membuat kelompok yang terdiri dari 4 sampai 5 orang.
2. Masing-masing kelompok berbaris sejajar.
3. Trainer dapat meninstruksikan untuk berlomba membuat kelompk menjadi kelompok besar, membuat barisan terpanjang, atau membuat kelompok menjadi yang tertinggi.
4. Peserta dapat menggunakan segala macam cara agar kelomppoknya dapat sesuai dengan instruksi trainer.
5. Biarkan peserta mengasah imajinasinya
6. Peserta dapat membuat lingkaran besar dari kaos kai yang ia pakai atau tali yang ia temukan sampai mengalahkan kelompok lainnya.
7. Jika telah selesai, trainer dapat bertanya, misalnya: “kenapa kelompok B bisa membuat lingkaran yang sampai memnuhi ruangan padahal Cuma terdiri dari 5 orang”.
CONTOH ICE BREAKING BADAI BERHEMBUS
1. Trainer menginstruksikan kepada para peserta untuk membuat kursi-kursi dalam sebuah lingkaran dan peserta diminta untuk duduk di kursi yang telah disediakan.
2. Trainer menjelaskan aturan permainan kepada peserta bawha ia akan bertindak sebaai angin.
3. Trainer yang bertindak sebagai angin akan berkata: “angin berhembus kepada yang memakai…-mia baju kuning” (sesuaikan dengan kndisi peserta.
4. Semua peserta yang duduk harus berdiri dan harus mengganti kursinya
5. Peserta yang mengenakan baju kuning harus berdiri dan berpindah tempat duduk, dan trainer sebagai angin juga harus ikut merebutkan sebuah kursi.
6. Jika ada satu peserta yang tidak dapat menemukan kursi, peserta tersebut berganti menjadi angin dan seterusnya.
7. Usahakan setiap peserta berperan sebagai angin.
8. Lebih baik permainan ini dilakukan di luar ruang.
CONTOH ICE BREAKING KEJADIAN SEKITAR
1. Trainer mengelompokkan peserta dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 4 orang.
2. Trainer menginstruksikan peserta untuk berdiskusi tentang kejadian sekitar. Misal: banjir
3. Tiap kelomp harus memiliki ketua tim
4. Tugas ketua tim adalah menyampaikan pendapat anggotanya di muka umum sekaligus memperkenalkan anggota kelompoknya.
5. Kelompok lain diminta untuk berpenddapat mengenai hasil diskusi
CONTOH ICE BREAKING PESAN BERBISIK
1. Tariner membagi pserta menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4 rang
2. Masing-masing kelompok berbaris lurus dan membelakangi trainer.
3. Peserta terdepan dari setiap kelompok menghadap trainer
4. Lalu trainer menyebutkan kalimat yang harus disebutkan secara berbisik kepada masing-masing peserta dengan cara dihapal.
5. Buatlah kata-kata yang sulit dan panjang. Misal:”ular melingkar di pagar pak umar…”
6. Peserta terakhir dalam setiap kelompok bertugas menyebutkan dnegan lantang pesan yang baru saja ia terima.
7. Akan ada kelompok yang susah mengingat kata-kata yang mirip.
8. Lakukakan sampai para peserta tidak lagi meras jenuh.
CONTOH ICE BREAKING BERCERMIN
1. Trainer menginstruksikan pada tiap peserta untuk berpasang-pasangan.
2. Stau peserta bertugas sebagai cermin
3. Peserta yang lain bertugas sebagai yang sedang bercermin.
4. Peserta yang bertugas sebagi cermin harus meniru dengan sangat mirip peserta yang bertugas sebagai yang seang bercermin.
5. Jika telah selesai, peserta diminta untuk mendiskusika pesan dalam permainan.